SHIROH : Mengenal Jazirah Arab ( Bag.2 )

by - September 26, 2018

Materi lanjutan dari SHIROH : Mengenal Jazirah Arab ( Bag.1 )

Shiroh. Sebuah ilmu yang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Penting untuk dipelajari agar kita tak melupa dengan sejarah agama kita sendiri, Islam. Di dalamnya memuat jutaan kisah yang lebih romantis dari sekadar novel Titanic. Lebih dramatis dari cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih. *Abaikan.

Tulisan ini sengaja tidak langsung menjurus kepada kisah - kisah pada umumnya. Semata agar kita juga mengetahui hal lain yang sangat jarang masuk ke dalam pembahasan pada kajian. Next... ( Masih tentang Jazirah Arab ) 

Letak Mekah

Kota mekah ialah nama kota suci kaum Muslimin. Di kota Mekah inilah nabi kita tercinta, Muhammad  Shalallahu 'alaihi wassalam, dilahirkan. Di sini pula Ka'bah ( baitullah ) berdiri kokoh. Tempat ketika seluru Muslim di dunia menghadapkan diri ketika sedang sholat.

Sebenarnya kota Mekah adalah sebuah lembah yang tidak begitu luas di tengah lautan pasir. Nabi Ismail lah yang pertama kali membuat Mekah menjadi sebuah kota. Ribuan tahun lalu, lembah Mekah hanya sekadar tempat persinggahan rombongan kafilah. Baik yang datang dari Yaman menuju Palestina maupun sebaliknya, yang datang dari Plestina menuju Yaman. Lembah ini dikelilingi oleh bukit - bukit yang sangat rapat jaraknya. Begitu rapatnya sehingga hanya ada tiga jalan untuk keluar - masuk Mekah. Jalan pertama menuju arah Yaman. Jalan kedua menuju Laut Merah. Dan yang ketiga mengarah ke Palestina.

Pakaian Orang Arab

Selain letak, ciri khas lain dari negara Islam ini ialah pakaiannya. Penduduk asli Jazirah Arab adalah suku Badui. Pakaian mereka longgar, hangat pada musim dingin, dan sejuk pada musim panas.

Pakaian ini menjaga kulit dari sengatan matahari serta angin kering. Pada zaman para nabi, pakaian ini terdiri atas dua helai. Satu helai melilit tubuh dari bawah ketiak. Satu helai lagi adalah sebuah jubah panjang sampai kaki dan terbuat dari bulu domba atau unta. Warnanya krem dengan lurik tegak berwarna hitam, biru, coklat atau putih.

Pakaian wanitanya panjang menyapu tanah dan sangat longgar. Selendang melilit pinggang, jubahnya berlurik merah, kuning, hitam atau biru. Cadarnya berwarna hitam atau putih. Tudung kepala berwarna merah, putih, atau cokelat melindungi mata, telinga, dan hidung dari debu dan badai pasir.

 Suku Badui

Penduduk Badui memiliki tinggi yang sedang namun kekar, cekatan, dan kuat menanggung derita di alam yang keras. Mereka adalah prajurit pengelana yang tangguh. Jika ada anggota yang tewas, para lelaki badui akan segera membalas pembunuhnya. Mereka berani dalam bertempur dan sabar dalam kekalahan.

Meski demikian, suku Badui terkenal ramah, ringan tangan, dan sangat menghormati tamu. Memiliki sifat yang tenang, sabar, dan tidak cepat marah. Orang Badui sangat mengagumi keindahan syair. Jiwa penduduk Badui mudah terpanggil pada kebenaran. Mereka adalah orang yang sederhana. Ketika makan, mereka duduk di lantai dengan wadah makanan di lutut. Mereka tidak membedakan mana majikan dan mana bawahan. Semua sama rata.

Kepada penduduk inilah Nabi Muhammad diutus. Berkat bimbingannya, orang - orang dari padang pasir yang sunyi ini mampu mengguncang dunia. Merekalah yang akhirnya menyebarkan agama islam ke seluruh dunia. Juga sukses menjadikan umat islam sebagai umat yang besar dan dihormati.

Namun, jauh sebelum menyebar ke penjuru bumi, perjalanan umat islam di Jazirah Arab dimulai oleh kisah Nabi Ibrahim 'alaihissalam. Beliau adalah nenek moyang Nabi Muhammad Sholallahu'alaihi wassalam.

Kemah Badui

Tenda - tenda penduduk Badui terbuat dari bulu kambing yang ditenun renggang, agar ada celah untuk peredaran udara. Kala lembab dan hujan, seratnya merapat menangkal air. Pada musim panas, kemah terasa teduh dan angin berhembus dari samping. Pada musim dingin, udara hangat karena hanya bagian depan yang terbuka. Perabotan dalam kemah terbatas pada tikar untuk tidur, perkakas dapur, dan kantong air yang terbuat dari kulit.



Kisah ini diambil dari berbagai sumber.
#SHIROH : Mengenal Jazirah Arab ( Bag.2 )

You May Also Like

0 coment�rios